Greetings!

Welcome to FARCulinary! It is a food blog managed for food enthusiasts like you who are looking for Fun, Affordable, and Relatable culinary adventures! You don't have to be super fancy to experience tasty food! Enjoy :)

Sunday 15 September 2013

Bakmi Buncit Margonda Depok


Kalau kamu jalan-jalan ke jalan Margonda Raya di kota Depok, sempatkanlah mampir ke sebuah tempat kecil namun istimewa ini, Bakmi Buncit.

Selama empat tahun menjadi penduduk temporer di Depok, saya malah baru ngeh sama tempat ini sekarang setelah saya tidak lagi tinggal di sana.

Terletak di sebuah ruko kecil tepat di sebelah kanan Depok Town Square alias Detos, tempat ini lumayan mungil dan mudah luput dari orang-orang yang memandang sekilas saja. Awalnya kaca film jendela restoran yang membuat ruangan di dalam jadi terlihat gelap sempat membuat saya ragu untuk mencoba makan di tempat ini. Namun setelah masuk ke dalam, tempat ini ternyata berpenerangan cukup dan bersih.




Dari sekian banyak menu Chinese food yang ada, saya memutuskan untuk mencoba menu klasik, mie ayam bakso. Semua rekomendasi dan ulasan dari orang-orang yang menyatakan bahwa mie di tempat ini enak sekali dan patut dicoba menjadi terkonfirmasi saat di suapan pertama. Ya, mie ini memang enak! Rasanya mienya sendiri sudah cukup berbumbu dan gurih, topping yang disajikan (ayam, bakso, sayuran) bersih dan empuk. Yang saya suka dari sayuran dan mienya adalah rasanya yang tidak tawar dan telah dibumbui dengan cukup sukses. Sering kita temui topping sayuran di dalam bakmi yang masih terasa tawar, bahkan cenderung pahit.

Harga untuk seporsi mie ayam bakso di tempat ini adalah Rp.27000. Memang sedikit over-priced dari mie-mie lain pada umumnya, namun saya rasa sebanding dengan rasa yang ditawarkan. Bagi saya sih, lebih baik saya membayar sedikit lebih mahal untuk makanan enak daripada membayar mahal untuk makanan yang tidak enak.

Setelah (sok-sokan) menelisik dan meneliti isi dan rasa bakmi yang saya makan, ternyata saya menemukan tongcai di dalam mangkuk bakmi saya. Tongcai adalah sayuran yang terbuat dari lobak yang diasinkan. Saya rutin melihat tongcai di dalam bubur ayam yang dijual ibu saya, namun ini pertama kalinya saya menemukan tongcai sebagai topping bakmi (meskipun saya tahu dari beberapa orang bahwa itu hal yang umum). Kunci dari tongcai yang enak adalah cara membersihkannya. Sebagai anak seorang pedagang bubur yang rutin membersihkan tongcai, saya menjadi tahu bahwa tongcai harus dicuci berkali-kali sebelum menjadi layak untuk dimakan. Air pertama cucian tongcai sangat sangat hitam. Orang yang pernah mencuci tongcai pasti akan mengecek tongcai yang dia temui di menu lain, bersih atau tidak. (sumber: ibu dari penulis)

Teman makan saya memesan menu lain yaitu kwetiaw goreng. Penggemar kwetiaw pasti akan menyukai kwetiaw di tempat ini. Selain porsinya yang besar, tekstur kwetiawnya juga sangat kenyal dan tebal. Dijamin mengenyangkan. Saya yang bukan penggemar kwetiaw pun tergoda dan ikut mencicip.

Kwetiaw Goreng
IDR 30000
Bakmi Ayam Bakso
IDR 27000
Will I come back for more? I surely will. Have an amazing meal wherever you are, guys!

1 comment:

  1. Sumpah Ni, gue juga ga tau ada warung makan beginian di depok.

    ReplyDelete